ALFATIH WEB

A dashboard to share about knowledge, experience and technology informatic

Cara Mencegah Nyeri Pinggang

Nyeri pinggang atau Low Back Pain (LBP) merupakan kumpulan gejala dimana nyeri terlokalisasi pada daerah punggung bawah (pinggang) atau menjalar ke tungkai dan kaki dengan syarat kondisi spesifik lain yang dapat menyebabkan keluhan tersebut sudah disingkirkan.

Penyebab nyeri pinggang atau LBP dibagi menjadi 3 kelompok besar, yaitu nyeri pinggang akibat faktor mekanik, nyeri pinggang yang bukan karena faktor mekanik dan nyeri pinggang yang terkait dengan berbagai gangguan pada organ dalam tubuh (organ viseral).

Sumber nyeri pinggang itu sendiri dapat berasal dari otot, ligamentum, tendon, diskus intervertebratis, saraf (iritasi radiks atau radikulopati lumbal), arthritis sendi faset, dan sebagainya.

Beberapa cara untuk mencegah nyeri pinggang:

Posisi badan tegak saat mengangkat beban. Jangan membungkuk saat mengangkat benda berat. Untuk mengangkat benda atau barang berat posisikan benda sedekat mungkin dengan objek, kemudian berjongkoklah dalam keadaan badan tegak lurus.

Duduk dengan posisi benar. Duduk dengan punggung tegak bersandar penuh pada sandaran kursi. Posisikan lutut setinggi atau sedikit lebih tinggi dari panggul. Gunakan penyangga kaki, bila kursi terlalu tinggi.

Hindari duduk terlalu lama. Jika pekerjaan mengharuskan banyak duduk, lakukan selingan dengan sedikit bangkit dan berjalan. Setelah satu jam coba berjalan sejenak untuk mengurangi ketegangan otot.

Olahraga teratur. Lakukan olahraga teratur tanpa membebani pinggang, antara lain berenang, bersepeda, jalan, maupun senam yang dapat memperkuat dan memelihara stabilitas otot-otot belakang dan perut. Ketika olahraga, tenaga jangan terlalu diforsis, lakukanlah sesuai kemampuan.

Pola hidup sehat. Terapkan gaya hidup sehat dalam keseharian kita. Hindari rokok dan alkohol. Makan makanan yang mengandung banyak lemaik dan asam urat untuk memperlambat terjadinya pengapuran tulang belakang. Penuhi kecukupan kalsium agar tulang tetap kuat.

Hindari kegemukan. Tubuh terlalu gemuk menyebabkan punggung haru bekerja ekstra keras menopangnya. Kondisi ini memicu munculnya nyeri pinggang. Agar berat badan bisa normal, lakukan olahraga dan bataasi jumlah konsumsi makanan. Kurangi karbohidrat dan lemak, tetapi perbanyak buah dan sayuran.

(Sumber: Media AAM, edisi 35, Juni-Agustus 2010, hal. 11).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: