ALFATIH WEB

A dashboard to share about knowledge, experience and technology informatic

Tak perlu tunggu sampai 2013 untuk jadi CPNS

Anda berniat ingin menjadi pegawai PNS ? jika hal ini ditanyakan tahun 2011 kemarin mungkin perlu anda urungkan untuk sementara waktu, karena pada saat itu pemerintah mengeluarkan Moratorium terhadap rekrutmen Pegawai PNS sampai tahun 2012 yang mengakitbatkan tidak adanya rekrutmen atau seleksi untuk menjadi pegawai CPNS/PNS.

Tahun 2012 ini ada angin segar bagi masyarakat yang berniat menjadi pegawai PNS. Karena kebutuhan pengganti pegawai PNS sampai pada tahun 2012 ini sangat banyak dari seluruh departemen atau kementrian. Tahun 2012 ini, pemerintah mencari 130.00calon pegawai sipil (CPNS)yang terdiri dari honorer tingkat 1 dan reguler. Khusus untuk reguler tersedia 20.000 formasi untuk ditempatkan dikementrian/ Lembaga baik pemerintah pusat maupun daerah (Pemda), hal ini sesuai dengan yang diungkapkan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN) Azwar Abu Bakar dalam publikasinya seperti yang dikutip dalam Detik Finance di Jakarta (01/05/2012).

Yang dimaksud dengan honorer tingkat 1 yaitu tenaga honorer yang dibiayai oleh APBN/APBD dan akan diangkat menjadi PNS

Azwar menuturkan bahwa dampak kebijakan Moratorium penerimaan PNS mengamanatkan untuk setiap pengajuan formasi CPNS harus didasarkan pada analisis jabatan (Anjab) dan Analisis Beban Kerja (ABK), akan tetapi hanya sedikit instansi yan gmelakukannya secara benar. Selain itu karena alasan banyaknya daerah yang anggaran belanja pengawainya melebihi 50 % APBD. Untuk itu Azwar menuturkan tentang pentingnya analisis jabatan PNS di setiap instansi pemerintah.

So, bagi kita-kita baik yang sudah maupun yang baru lulus pendidikan/ kuliah dan berniat ingin menjadi pegawai PNS maka siapkan dari sekarang baik persyaratan administrasinya maupun latihan soal-soal sehingga jika rekrutmen CPNS ini dibuka maka kita sudah siap tempur…….betul gak ?🙂

perlu diingat jika sudah menjadi pegawai PNS jangan menjadi PNS yang gendut akan uang HARAM dan TIDAK JELAS…..atau lebih kerennya Pegawai Nyantai Sejahtera. Jadikan kerja ini sebagai amanah yang harus ditunaikan dg sebaik-baiknya …….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: