ALFATIH WEB

A dashboard to share about knowledge, experience and technology informatic

Wahai Emas apa kabarmu kini ? Masih layakkah sebagai pilihan investasi…?

Logam mulia emas mungkin bukan hal yang asing di telinga kita, mulai dari saat kita kecil mungkin sudah terbiasa mendengar kata emas. Emas merupakan logam mulia dimana pertumbuhannya terus meningkat dari tahun ke tahun, hingga pada awal semester ke dua tahun 2011 kemarin harga emas mencapai peningkatan yang sangat fantastis. Peningkatan ini sesuai dengan prediksi para ekonom dunia yang mengatakan bahwa pada akhir 2011 harga emas akan menyentuh diatas 500 rb/ gramnya dan akan terus meningkat hingga diperkirakan lebih dari 1 jt/gramnya pada akhir tahun 2012.

Prediksi inilah yang memicu sebagian orang baik secara individu, organisasi maupun perusahaan melakukan investasi logam mulia ini. Hal tersebut mengakibatkan peningkatan jumlah permintaan lebih tinggi dari pada jumlah pertumbuhan produksi emas yang hanya mencapai 0,1% setiap tahunnya. Sesuai hukum ekonomi adanya peningkatan permintaan sedangkan jumlah barang yang tersedia cenderung stagnan maka secara tidak langsung menyebakan lonjakan harga suatu barang.

Nah saat ini jika kita perhatikan dan pantau dalam 3 bulan ini, harga emas mengalami kecenderungan untuk turun hampir 20 %. Ada apakah ini ? mari kita lihat grafik dibawah ini secara seksama.

Bagaimana pendapat anda? mungkinkah harga emas akan cenderung turun terus ataukah ini hanya permainan dari penguasa ekonomi dunia yang memainkan harga dan politik seperti yang terjadi saat ini bahwa negara-negara arab mengalami goncangan baik secara politik maupun ekonominya.

Dengan kecenderungan seperti itu, masihkan emas menjadi salah satu investasi yang tepat saat ini? kalauditinjau dari investasi jangka panjang mungkin jawabannya adalah “Ya”, tapi jika investasi jangka pendek apakah tepat? justru ketika dibandingkan setahun yang lalu investasi emas ini terjadi kerugian, karena harga beli tahun kemarin lebih tinggi dibandingkan haga jual saat ini. Nah bagi anda yang ingin berinvestasi maka saran saya pikirkan matang-matang apakah akan berinvestasi jangka pendek ataukah jangka panjang karena keputusan yang tepat akan menghasilakan investasi sesuai yang kita  harapkan.

Sekedar Tips sederhana semoga bermanfaat: ” jangan berspekulasi dengan harga emas dalam jangka pendek, tetapi amankan jerih payah Anda selama ini – khususnya dana yang Anda sisihkan untuk biaya sekolah anak-anak, dana pension, tunjangan hari tua, tabungan rumah, tabungan biaya kesehatan dan dana-dana lain yang peruntukannya jangka panjang”. Wa Allahu A’lam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: