ALFATIH WEB

A dashboard to share about knowledge, experience and technology informatic

MotoGP 2012 masih membosankan……. !!!

Deutsch: Logo von Moto GP. English: This is th...

MotoGP Musim 2012 telah dimulai tanggal 8 April 2012 atau sebulan yang lalu dan telah melakukan race 3 kali. Musim ini adalah era baru bagi MotoGP yang menetapkan regulasi motor 1000cc dan munculnya motor-motor dengan pabrikan yang baru termasuk didalamnya adalah aprilia dan BMW. Regulasi motor yang baru diharapkan mampu memberikan tontonan yang menegangkan dengan hadirnya kecepatan motor yang fantastis dan sesi head to head yang mampu memicu adrenalin para rider dan penontonnya.

Namun fakta berbicara lain, adanya dominasi yang terlalu mencolok ari beberapa pabrikan dan belum matangnya/ belum menemukan setting serta performa pabrikan motor lainnya membuat ajang MotoGP ini semakin membosankan. Motor 1000cc mampu memberikan kecepatan sampai pada 360km/jam, hal ini lah yang membuat GAP akibat dominasi pabrikan tertentu. Pabrikan yang memiliki setting yang tepat dan motor mudah dikendalikan mampu melasat jauh meninggalkan lawan-lawannya sehingga yang terjadi gap time antara pollposition dengan belakangnya bisa mencapai 30 second lebih. Padahal untuk memberikan tontonan yang apik gap time harus dibawah 1 second.

Selain dari motor, beberapa riders yang tidak mau ambil resiko dan memiliki prinsip untuk melesat jauh di depan lawannya semakin menambah buruk tontonan kelas para raja motoGP. Berbeda dengan kelas moto2 atau moto3 mereka memiliki spek motor yang hampir mirip dan memiliki nyali yang kuat sehingga mampu memberikan tontonan yang apik, menegangkan dan yang pasti sesi head to head di lap-lap terakhir mereka tunjukkan sebagai bukti bahwa meraka lah yang nomor satu dan layak menjadi champion.

Lalu pertanyaan kita sebagai penikmat ajang olah raga MotoGP, “Sampai kapankah tontonan yang membosankan ini akan berlanjut? ” apakah pembalap muda sekarang takut terhadap rivalitas?” sebuah pertanyaan yang menggelitik ketika para rider dan team – team motoGP mampu menganalisa lebih lanjut.

MotoGP bukan sebuah tontonan yang menunjukkan keperkasaan sebuah motor saja, dan meninggalkan sesi sportivitas dan entertain lainnya. Seperti halnya olah raga sepak bola, meraka para pemain bukan hanya menendang bola dan memasukkannya dalam gawang sebanyak-banyaknya. Tapi mereka memberikan tontonan skillnya  dalam melewati beberapa pemain yang menghadang dan melakukan shoting dengan gaya yang memukau dan mampu mengecohkan penjaga gawang lawannya, itulah yang membuat sepak bola semakin menarik dan memiliki penggemar/ penikmat sepakbola semakin hari semakin bertambah banyak, mulai dari anak-anak sampai dewasa, laki – laki maupun perempuan semuanya mencintai dan menyukai olahraga sepak bola.

Ajang otomotif sport dunia bermacam-macam, akan tetapi orang lebih banyak memilih ajang balap motor salah satunya MotoGP karena sajiannya yang menarik dan menegangkan. Berbeda dengan Formula-1 yang terkenal dengan mesin jet-daratnya yang mampu melesat menyamai kecepatan suara, tetapi apa yang dikeluhakan oleh penonton: “Olahraga ini membosankan selain menempuh lap yang panjang juga kemenangan ditentukan oleh kehebatan mesin dan manajemen pengaturan pitstopnya, jikaitu dapat diatasi dijamin akan menang”.

Capirossi, Malaysian MotoGP Race 2005

Menilik daripada itu, akankan gelaran MotoGP mampu memberikan tontonan yang memukau, mengembalikan responsibilitas para penonton ? kita lihat disesi-sesi balapan berikutnya, semoga apa yang diharapkan oleh penonton mampu disuguhkan oleh para team dan riders.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: